Menu

Tuesday 18 March 2014

Menjemput Rezeki yang Terlewat



Pagi masih menunjukkan aromanya. Kira-kira jam enam, terdengar suara khas dari penjual roti. Seperti biasa, para pedagang membunyikan klaksonnya yang unik, “tetot tetot”, atau yang manual sambil teriak “tiii rotii, tiii rotii”, atau yang lebih modern lagi pakai perekam dan musik-musik, yaa kurang lebih begitulah bunyinya. Unik dan bermacam-macam. Bahkan mungkin, beberapa produk roti sampai kita hapal bunyi musiknya hehe.. Mohon koreksi nya kalau salah..

Oya sampai lupa, gw bukan mau bahas tentang kreativitas dalam mencari pelanggan dengan segala macam bunyinya itu. Jadi gini ceritanya….



Suara pedagang roti keliling tadi mulai terdengar mendekat. Gw juga bersiap mau beli, tapi tapi.. setelah mendengar suara khas pedagang roti yang semakin lama semakin manjauhi, gw berusaha mengejar keluar. Tumben memang, biasanya masuk komplek sampai ke depan rumah, tapi sepertinya si abang ini Cuma lewat di jalan utama.

“bang roti bang!”

Setengah berteriak gw panggil si abang roti ini sampe di ujung jalan. Saat itu jarak kurang lebih lima belas meter.

“bang roti bang!”

Gw ulangi kedua kali. Tapi si abang tetep aja jalan, ga mau puter balik. Gw dicengin bro! Hehe… Biasanya ya, kalau dipanggil gitu pedagang roti puter balik, menghampiri pelanggan walaupun udah terlewat sebelumnya. Tapi pagi itu beda, si abang ga puter balik, berarti diakhiri dengan ga jadi beli roti. Ya sudah, bukan rezekinya abang roti (atau bukan rezeki gw pagi itu karena ga jadi makan roti?)

Well, apa hikmahnya?

Readers, kita sama-sama tau kalau rezeki itu sudah diatur oleh Gusti Allah. Tapi kita juga tau, kalau rezeki dari Allah itu juga ga akan menghampiri kalau tidak dijemput.

“Dialah (Allah) yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu 
dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, 
lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan 
sebagai rezeki untukmu...”

Q.S Al-Baqarah : 22

“… maka bertebaranlah kamu dimuka bumi, dan carilah karunia Allah, 
dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.”

Q.S Al-Jumu’ah : 10


Sumber rezeki sangat banyak, luas, dan datang dari tempat yang tidak disangka-sangka. Termasuk dari momen yang sudah telewat. Di setiap jengkal hamparan bumi dan laut terdapat rezeki yang bisa dikais.

Masalahnya, kadang kita lebih berorientasi menunggu rezeki daripada menjemputnya. Lebih mengutamakan cara yang cepat daripada berletih-letih dalam menggapainya. Lebih mementingkan selera pribadi dalam memilih sumber rezeki ketimbang merebut kesempatan di depan mata. Rezeki halal di depan mata ko ditolak? Naah, ada baiknya ketika mencari rezeki, kita jauhkan dulu ego diri.

Soo, merasa gengsi kalau putar balik untuk menjemput rezeki yang halal? Jangan malu untuk menjemput yang sudah terlewat. Karena, siapa tau itu rezeki yang baik yang Allah berikan untuk kita.

Syemangat, bro!
:))

No comments:

Post a Comment